Pada artikel ini akan di bahas mengenai perbedaan pendapat dalam fiqih ibadah mengenai macam-macam doa iftitah . Ada beberapa macam doa ift...
Pada artikel ini akan di bahas mengenai perbedaan pendapat dalam fiqih ibadah mengenai macam-macam doa iftitah. Ada beberapa macam doa iftitah yang dianjutkan oleh Nabi Muhammad SAW, diantaranya sebagai berikut:
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قال : كَانَ رسول اللّه إِذَا كَبَّرَ فِي الصَّلاَةِ سَكَتَ هُنَيْهَةً قَبْلَ الْقِرَاءَةِ، فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللّهِ بِأَبِي اَنْتَ وَ أُمِّيْ أَرَأَيْتَ سُكُوتَكَ بَيْنَ التَّكْبِيْرِ وَ الْقِرَاءَةِ مَا تَقُولُ؟ أَقُولُ أَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَ بَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَ الْمَغْرِبِ، أَللّهُمَّ نَقِّنِيْ مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، أللّهُمَّ اغْسِلْنِى مِنْ خَطَا يَايَ بِالْمَاءِ وَ الثّلْجِ وَ الْبَرَدِ. – متفق عليه
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata; “Adalah Rasulullah SAW apabila bertakbir untuk shalat beliau diam sebentar sebelum membaca (fatihah)”, kemudian aku bertanya kepadanya dengan nama ayah dan ibuku: “Terangkanlah kepada kami apa yang engkau baca di waktu diam antara takbir dan membaca fatihah;” Rasulullah SAW menjawab: “Kami membaca; Ya Allah! Jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana engkau jauhkan timur dan barat. Ya Allah! Bersihkanlah segala kesalahanku sebagaimana di bersihkannya baju yang putih dari kotoran. Ya Allah! Bersihkanlah kesalahanku dengan air, salju dan embun”. ( H.R. Bukhari Muslim)
وَ عَنْ عَلِيِّ قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللّهِ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ كَبَّرَ ثُمَّ قَالَ : وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاةِ وَ الاَرْضِ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَ مَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ، إِنَّ صَلاَةِ وَ نُسُكِيْ وَ مَحْيَايَ وَ مَمَاتِى لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتتُ وَ أَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، اَللّهٌمَّ أنْتَ الْمَلِكُ لاَ إِلَهَ اِلاَ أَنْتَ ، اَنْتَ رَبِّى وَ أَنَا عَبْدُكَ ظَلَمْتُ نَفْسِى وَ اعْتَرَفْتُ بِذَنْبِى فَا غْفِرْلِى ذُنُوْبِى جَمِيْعًا إِنَّهُ لاً يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اَنْتَ وَ اهْدِنِى لِاَحْسَنِ الْاَخْلاَقِ لاَ يَهْدِى لِاَحْسَنِهَا إِلاَّ أَنْتَ وَ اصْرِفْ عَنِّى سَيِّئَها إِلاَّ اَنْتَ لَبَّيْكَ وَ سَعْدَيْكَ وَ الْخَيْرُ كُلُّهُ فِيْ يَدَيْكَ وَ الشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ أَنَابِكَ وَ إِلَيْكَ تَبَارَكْتَ وَ تَعَالَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَ أَتُوابُ إِلَيْكَ – رواه احمد و مسلم، فقه السنة 1 : 262
Dari Ali r.a, ia berkata: “Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri shalat, ia bertakbir, kemudian ia membaca: “Aku hadapakan wajahku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi cenderung berserah diri, dan tidaklah aku tergolong orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, sembelihku hidupku dan matiku hanya karena Allah Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya dan untuk itulah aku diperintahkan dan aku diantara orang muslim. Ya Allah! Engkaulah raja, tiada Tuhan kecuali Engkau, Engkaulah Tuhanku dan aku adalah hambaMu, aku telah dhalim terhadapku, dan aku sadar akan dosa-dosaku, ampunillah dosa-dosaku semuanya, sesungguhnya tiada yang akan dapat mengampuni segala dosa, kecuali Engkau, tunjukkanlah aku kepada akhlaq yang terbaik, tiada yang dapat menunjukan kepada akhlaq kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlaq yang jelek, sesungguhnya tidak ada yang dapat memalingkan dari akhlaq yang jelek kecuali Engkau, aku akan selalu taat kepadaMu dan mengikuti agamaMu dan semua kebaikan ada di tanganmu dan kejelekan bukan di tanganMu dan aku (kembali) kepadaMu. Maha Agung Engkau dan Maha Luhur. Aku mohon ampunan kepadaMu”. (H.R. Ahmad & Muslim, Fiqh as-Sunnah, 1 : 262)
قَالَ الشَّافِعِيُّ : وَ بِهَذَا كُلِّهِ أَقُوْلُ وَ أَمُوْرُ وَ أُحِبّ اَنْ يَّأْتِى بِهِ كَمَا يُرْوَى عَنْ رَسُولِ اللّهِ لاَ يُغَادِرُ مِنْهُ شَيْئًا وَ يَجْعَلُ مَكَانَ وَ أَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِيْنَ ، وَ أَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ. قَال : فَإِنْ زَادَ فِيْهِ شَيْئًا أَوْ نَقَصَهُ كَرِهْتُهُ – الأم، 1 : 92
As-Syafi’i telah berkata: “Dan dengan doai iftitah ini seluruhnya, kami suka membacanya, dan kami di perintahkan serta kami menyukainya sebagaimana yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW, jangan dikurangi daripadanya sedikitpun, dan jadikanlah pengganti; WA ANA AWWALU AL-MUSLIMIN, dengan; WA ANA MINAL MUSLIMIN. Selanjutnya as-Syafi’i berkata: “maka bila seseorang menambah (doa iftitah) atau menguranginya, maka kami membencinya”. (al-Um, 1 : 92)
وَ عَنْ نَافِعِ بْنُ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمِ عَنْ أَبِيهِ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللّهِ يَقُولُ فِى التَّطَوُّعِ، اللّهُ اَكْبَرُ كَبِيرًا ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، وَ الْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا ثَلاًثَ مَّرَّاتٍ، وَ سُبْحَانَ اللّهِ بُكْرَةٌ وَ أَصِيْلاً ثَلاثَ مَرَّاتٍ، اَللّهُمَّ إِنّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ مِنْ هَمْزِهِ وَ نَفْثِهِ وَ نَفْخِهِ – رواه احمد، فقه السنّة، 1 : 264
Dari Nafi’ bin Jubair bin Muth’im dari ayahnya, ia berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW membaca (doa iftitah) dalam shalat sunat; ALLAHU AKBARU KABIRAN 3x, WA ALHAMDU LILLAHI KATSIRAN, WA SUBHANA ALLAHI BUKRATAN WA ASHILAN 3x, (Ya Allah! Aku berlindung kepadamu dari godaan setan yang terkutuk, dari gangguannya, kesombongannya dan tipuannya)”. (H.R. Ahmad; Fiqh as-Sunnah, 1 : 264)
وَ عَنْ عُمَرَ أَنّهُ كَانَ يَقُولُ بَعْدَ تَكْبِيْرَةِ الْاِحْرَامِ : سُبْحَانَكَ أَللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ وَ تَبَارَكَ اسْمُكَ وَ تَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ. – رواه مسلم بسند منقطع و الدارقطنى موصولا و موقوفا على عمر
Dari Umar r.a: Sesungguhnya ia suka membaca setelah takbiratul ihram: (Maha Suci Engkau, Ya Allah dan dengan memujiMu, Maha Agung namaMu, serta Maha Luhur keagunganMu, tiada Tuhan selain Engkau). (H.R. Muslim dengan sanad yang Munqhathi’ (putus) dan di riwayatkan pula oleh Daruquthni dengan Maushul (bersambung) dan Mauquf atas Umar).
قَالَ بْنُ القَيِّمِ : صَحَّ عَنْ عُمَرَ أَنَّهُ كَانَ يَسْتَفْتِحُ بِهِ فِى مَقَامِ النَّبِيِّ وَ يَجْهَرُ بِهِ وَ يُعَلِّمُهُ النَّاسَ وَ هُوَ بِهَذَا الْوَجْهِ فِى حُكْمِ الْمَرْفُوعِ..
Telah berkata Ibnu Qayyim: “Sungguh telah shahih dari Umar bahwa ia membaca doa iftitah dengan doa tersebut di tempat Nabi, dan suka menjaharkannya, juga suka mengajarkannya kepada yang lain. Oleh sebab itulah hadits tersebut di golongkan kepada Marfu’ Hukman (bersmbung dari Nabi).
وَلِذَا قَالَ الْاِمَامُ أَحْمَدُ : أَمَّا أَنَا فَأَذْهَبُ إِلَى مَا رُوِيَ عَمَرَ وَلَوْ أَنَّ رَجُلاً اِسْتَفْتَحَ بِبَعْدِ مَا رُوِيَ كَانَ حَسَنًا – فقه السنّة، 1 : 263
Untuk itu Imam Ahmad berkata: “Adapun aku berpegang kepada doa iftitah yang di riwayatkan dari Umar, namun andaikata seseorang membaca doa iftitah dengan yang mana saja dari yang telah diriwayatkandari Nabi, maka itu juga baik adanya”. (Fiqh as-Sunnah, 1 : 263)
KESIMPULAN:
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قال : كَانَ رسول اللّه إِذَا كَبَّرَ فِي الصَّلاَةِ سَكَتَ هُنَيْهَةً قَبْلَ الْقِرَاءَةِ، فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللّهِ بِأَبِي اَنْتَ وَ أُمِّيْ أَرَأَيْتَ سُكُوتَكَ بَيْنَ التَّكْبِيْرِ وَ الْقِرَاءَةِ مَا تَقُولُ؟ أَقُولُ أَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَ بَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَ الْمَغْرِبِ، أَللّهُمَّ نَقِّنِيْ مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، أللّهُمَّ اغْسِلْنِى مِنْ خَطَا يَايَ بِالْمَاءِ وَ الثّلْجِ وَ الْبَرَدِ. – متفق عليه
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata; “Adalah Rasulullah SAW apabila bertakbir untuk shalat beliau diam sebentar sebelum membaca (fatihah)”, kemudian aku bertanya kepadanya dengan nama ayah dan ibuku: “Terangkanlah kepada kami apa yang engkau baca di waktu diam antara takbir dan membaca fatihah;” Rasulullah SAW menjawab: “Kami membaca; Ya Allah! Jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana engkau jauhkan timur dan barat. Ya Allah! Bersihkanlah segala kesalahanku sebagaimana di bersihkannya baju yang putih dari kotoran. Ya Allah! Bersihkanlah kesalahanku dengan air, salju dan embun”. ( H.R. Bukhari Muslim)
وَ عَنْ عَلِيِّ قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللّهِ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلاَةِ كَبَّرَ ثُمَّ قَالَ : وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاةِ وَ الاَرْضِ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَ مَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ، إِنَّ صَلاَةِ وَ نُسُكِيْ وَ مَحْيَايَ وَ مَمَاتِى لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتتُ وَ أَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، اَللّهٌمَّ أنْتَ الْمَلِكُ لاَ إِلَهَ اِلاَ أَنْتَ ، اَنْتَ رَبِّى وَ أَنَا عَبْدُكَ ظَلَمْتُ نَفْسِى وَ اعْتَرَفْتُ بِذَنْبِى فَا غْفِرْلِى ذُنُوْبِى جَمِيْعًا إِنَّهُ لاً يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اَنْتَ وَ اهْدِنِى لِاَحْسَنِ الْاَخْلاَقِ لاَ يَهْدِى لِاَحْسَنِهَا إِلاَّ أَنْتَ وَ اصْرِفْ عَنِّى سَيِّئَها إِلاَّ اَنْتَ لَبَّيْكَ وَ سَعْدَيْكَ وَ الْخَيْرُ كُلُّهُ فِيْ يَدَيْكَ وَ الشَّرُّ لَيْسَ إِلَيْكَ أَنَابِكَ وَ إِلَيْكَ تَبَارَكْتَ وَ تَعَالَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَ أَتُوابُ إِلَيْكَ – رواه احمد و مسلم، فقه السنة 1 : 262
Dari Ali r.a, ia berkata: “Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri shalat, ia bertakbir, kemudian ia membaca: “Aku hadapakan wajahku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi cenderung berserah diri, dan tidaklah aku tergolong orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, sembelihku hidupku dan matiku hanya karena Allah Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagiNya dan untuk itulah aku diperintahkan dan aku diantara orang muslim. Ya Allah! Engkaulah raja, tiada Tuhan kecuali Engkau, Engkaulah Tuhanku dan aku adalah hambaMu, aku telah dhalim terhadapku, dan aku sadar akan dosa-dosaku, ampunillah dosa-dosaku semuanya, sesungguhnya tiada yang akan dapat mengampuni segala dosa, kecuali Engkau, tunjukkanlah aku kepada akhlaq yang terbaik, tiada yang dapat menunjukan kepada akhlaq kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlaq yang jelek, sesungguhnya tidak ada yang dapat memalingkan dari akhlaq yang jelek kecuali Engkau, aku akan selalu taat kepadaMu dan mengikuti agamaMu dan semua kebaikan ada di tanganmu dan kejelekan bukan di tanganMu dan aku (kembali) kepadaMu. Maha Agung Engkau dan Maha Luhur. Aku mohon ampunan kepadaMu”. (H.R. Ahmad & Muslim, Fiqh as-Sunnah, 1 : 262)
قَالَ الشَّافِعِيُّ : وَ بِهَذَا كُلِّهِ أَقُوْلُ وَ أَمُوْرُ وَ أُحِبّ اَنْ يَّأْتِى بِهِ كَمَا يُرْوَى عَنْ رَسُولِ اللّهِ لاَ يُغَادِرُ مِنْهُ شَيْئًا وَ يَجْعَلُ مَكَانَ وَ أَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِيْنَ ، وَ أَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ. قَال : فَإِنْ زَادَ فِيْهِ شَيْئًا أَوْ نَقَصَهُ كَرِهْتُهُ – الأم، 1 : 92
As-Syafi’i telah berkata: “Dan dengan doai iftitah ini seluruhnya, kami suka membacanya, dan kami di perintahkan serta kami menyukainya sebagaimana yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW, jangan dikurangi daripadanya sedikitpun, dan jadikanlah pengganti; WA ANA AWWALU AL-MUSLIMIN, dengan; WA ANA MINAL MUSLIMIN. Selanjutnya as-Syafi’i berkata: “maka bila seseorang menambah (doa iftitah) atau menguranginya, maka kami membencinya”. (al-Um, 1 : 92)
وَ عَنْ نَافِعِ بْنُ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمِ عَنْ أَبِيهِ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللّهِ يَقُولُ فِى التَّطَوُّعِ، اللّهُ اَكْبَرُ كَبِيرًا ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، وَ الْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا ثَلاًثَ مَّرَّاتٍ، وَ سُبْحَانَ اللّهِ بُكْرَةٌ وَ أَصِيْلاً ثَلاثَ مَرَّاتٍ، اَللّهُمَّ إِنّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ مِنْ هَمْزِهِ وَ نَفْثِهِ وَ نَفْخِهِ – رواه احمد، فقه السنّة، 1 : 264
Dari Nafi’ bin Jubair bin Muth’im dari ayahnya, ia berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW membaca (doa iftitah) dalam shalat sunat; ALLAHU AKBARU KABIRAN 3x, WA ALHAMDU LILLAHI KATSIRAN, WA SUBHANA ALLAHI BUKRATAN WA ASHILAN 3x, (Ya Allah! Aku berlindung kepadamu dari godaan setan yang terkutuk, dari gangguannya, kesombongannya dan tipuannya)”. (H.R. Ahmad; Fiqh as-Sunnah, 1 : 264)
وَ عَنْ عُمَرَ أَنّهُ كَانَ يَقُولُ بَعْدَ تَكْبِيْرَةِ الْاِحْرَامِ : سُبْحَانَكَ أَللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ وَ تَبَارَكَ اسْمُكَ وَ تَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ. – رواه مسلم بسند منقطع و الدارقطنى موصولا و موقوفا على عمر
Dari Umar r.a: Sesungguhnya ia suka membaca setelah takbiratul ihram: (Maha Suci Engkau, Ya Allah dan dengan memujiMu, Maha Agung namaMu, serta Maha Luhur keagunganMu, tiada Tuhan selain Engkau). (H.R. Muslim dengan sanad yang Munqhathi’ (putus) dan di riwayatkan pula oleh Daruquthni dengan Maushul (bersambung) dan Mauquf atas Umar).
قَالَ بْنُ القَيِّمِ : صَحَّ عَنْ عُمَرَ أَنَّهُ كَانَ يَسْتَفْتِحُ بِهِ فِى مَقَامِ النَّبِيِّ وَ يَجْهَرُ بِهِ وَ يُعَلِّمُهُ النَّاسَ وَ هُوَ بِهَذَا الْوَجْهِ فِى حُكْمِ الْمَرْفُوعِ..
Telah berkata Ibnu Qayyim: “Sungguh telah shahih dari Umar bahwa ia membaca doa iftitah dengan doa tersebut di tempat Nabi, dan suka menjaharkannya, juga suka mengajarkannya kepada yang lain. Oleh sebab itulah hadits tersebut di golongkan kepada Marfu’ Hukman (bersmbung dari Nabi).
وَلِذَا قَالَ الْاِمَامُ أَحْمَدُ : أَمَّا أَنَا فَأَذْهَبُ إِلَى مَا رُوِيَ عَمَرَ وَلَوْ أَنَّ رَجُلاً اِسْتَفْتَحَ بِبَعْدِ مَا رُوِيَ كَانَ حَسَنًا – فقه السنّة، 1 : 263
Untuk itu Imam Ahmad berkata: “Adapun aku berpegang kepada doa iftitah yang di riwayatkan dari Umar, namun andaikata seseorang membaca doa iftitah dengan yang mana saja dari yang telah diriwayatkandari Nabi, maka itu juga baik adanya”. (Fiqh as-Sunnah, 1 : 263)
KESIMPULAN:
- Doa iftitah WAJJAHTU tidak dimulai dari ALLAHU AKBAR KABIIRAA dan tidak hanya sampai WA INNA MINAL MUSLIMIIN tetapi sampai WA ATUUBU ILAIKA sebagaimana hadits tersebut di atas.
- Menurut Imam Syafi’i: “Barangsiapa yang menambah atau menguranginya aku tidak suka kepadanya”
- Doa iftitah ALLAHU AKBAR KABIIRA di baca 3x-3x
- Doa iftitah SUBHANAKA dan seterusnya suka di amalkan oleh Umar dan pernah juga beliau menjaharkannya dan juga mengajarkannya kepada yang lain. Tentu saja hal itu diketahui oleh sahabat yang lain dan tidak terdapat seorangpun dari mereka yang menyalahkannya. Oleh karena itu doa tersebut dapat diamalkannya.
- Jika keburu mendengar bacaan imam yang keras maka hentikanlah doa iftitah itu.
- Dalam shalat Ied, doa iftitah dibaca setelah takbir yang ketujuh sebelum membaca al-Fatihah.
- Dalam shalat sunnat juga sama disyariatkan membaca doa iftitah
- Apabila ma’mum yang masbuq maka tidak harus membacanya pada rakaat, lain pada saat melanjutkan rakaat berikutnya.