Pada artikel ini akan di bahas mengenai perbedaan pendapat dalam fiqih ibadah mengenai macam-macam bacaan dalam ruku’ dan sujud . Ada beber...
Pada artikel ini akan di bahas mengenai perbedaan pendapat dalam fiqih ibadah mengenai macam-macam bacaan dalam ruku’ dan sujud. Ada beberapa macam bacaan dalam ruku dan sujud yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, berikut ini adalah dalil/hadits shahih tentang bacaan ruku’ dan sujud:
وَعَنْ عُقْبَةَ ابْنِ عَامِرٍ قًالَ : لَمَّا نُزِلَتْ – فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيْمِ – قَال لَنَا رسول اللّهِ : اِجْعَلُوهَا فِى رُكُوعِكُمْ . فَلَمَّا نُزِلَتْ - سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْاَعْلَى – قَال : اِجْعَلُوهَا فِى سُجُودِكُمْ. – رواه احمد و ابوا داود ، نيل الاوطار 2: 274
Dari Uqbah bin Amir r.a. ia berkata: ketika turun ayat FASABBIH BISMI AR-RABBIKA Al-ADHIIM yang artinya: (Dan hendaklah kamu me-Maha Suci-kan nama Tuhanmu yang Maha Besar). Rasulullah bersabda kepada kami: “Jadikanlah kandungan ayat tersebut (sebagai bacaan) dalam ruku’mu”. Dan ketika turun ayat SABBIHI ISMA RABBIKA Al-A’LAA yang artinya: (Dan hendaklah kamu me-Maha Suci-kan Tuhanmu yang Maha Tinggi). Rasulullah bersabda kepada kami: “Jadikanlah kandungan dalam ayat tersebut sebagai bacaan dalam sujudmu”. (H.R. Imam Ahmad dan Abu Daud; Nailul Authar, 3 : 274)
عَنْ خُدَيْفَةَ قَال : صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ ، فَكَانَ فِى رُكُوعِهِ؛ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ ، وَفِي سُجُودِهِ؛ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْاعْلَى.
Dari Khudaifah r.a.ia berkata: “Aku shalat bersama Nabi SAW, ia dalam ruku’nya membaca SUBHANA RABBIYA Al-ADHIIM yang artinya: (Maha Suci Tuhanku yang Maha Besar). Dan dalam sujudnya membaca; SUBHANA RABBIYA AL-A’LAA, yang artinya: (Maha Suci Tuhanku yang Maha Tinggi).
وَمَا مَرَّتْ بِه آيَةُ رَحْمَةٍ إِلاَّ وَقَفَ عِنْدَهَا يَسْئلُ وَلاَ آيَةُ عَذَابٍ إِلاَّ تَعَوَّذَ مِنْهَا. – رواه الخمسة ، نيل الاوطار 3 : 273
Dan tidaklah sampai pada ayat rahmat, kecuali beliau berhenti disitu sambil memohon (doa), dan tidak pula sampai ayat adzab (yang menerangkan siksaan) kecuali beliau meminta perlindungan (kepada Allah) dari adzab itu”. (H.R. Imam yang 5, Nailul Authar, 1 : 273)
وَ عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها قَالَتْ : كَانَ رسول اللّهِ يُكْثِرُ اَنْ يَقُولَ فِي رُكُوعِهِ وَ سُجُودِهِ : سُبْحَانَكَ اَللّهُمَّ رَبَّنَا وَ بِحَمْدِكَ اَللّهُمَّ اغْفِرْلِى ، يَتَأَوَّلُ الْقُرْآنَ . –رواه الجماعة
Dari Aisyah r.a. ia berkata: “Adalah Rasulullah SAW dalam ruku’ dan sujudnya sering membaca; SUBHANAKA..., yang artinya: (Maha Suci Engkau Ya Allah Tuhan kami, dengan memuji-Mu Ya Allah ampunilah aku). Itu adalah mengamalkan A-Quran”. (H.R. Jama’ah)
مَعْنَى يَتَأَوَّلُ الْقُرْآنَ، أَيْ يَعْمَلُ بِقَوْلِ اللّهِ تَعَالَى فَسَبِّحْ بِحَمْدِكَ وَاسْتَغْفِرْهُ – فقه السنة 1 : 29
Makna kata : YATA‘AWALU AL-QURAN, yaitu mengamalkan kandungan isi firman Allah SWT. FASABBIH BIHAMDIKA WA ASTAGFIRHU, artinya (Hendaklah engkau me-Maha Suci-kan dengan memuji Tuhanmu dan mintalah ampunan kepadaNya)”. (Fiqh as-Sunnah, 1 : 29)
وَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رسول اللّهِ كَانَ يَقُولُ فِى رُكُوعِهِ وَ سُجُودِهِ : سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلآئِكَةِ وَ الرُّوحِ - رواه مسلم، نيل الاوطار 2 : 275
Dari Aisyah r.a.: “Sesungguhnya Rasulullah SAW dalam ruku’ dan sujudnya membaca; SUBBUHUN QUDDUSUN RABBUL MALAIKATI WA AR-RUUH, yang artinya; (Dia Maha Suci Maha Bersih, Rabbnya Malaikat dan Malaikat Jibril)”. (H.R. Muslim; Nailul Authar, 2: 275)
KESIMPULAN:
Doa-doa atau bacaan ruku dan sujud tersebut di atas semuanya shahih, Intinya membaca yang mana saja boleh di amalkan.
DALIL/HADITS DHAIF TENTANG BACAAN RUKU’ DAN SUJUD
Masih ada dikalangan kita yang masih mengamalkan doa ruku dan sujud dengan memakai tambahan WABIHAMDIHI padahal haditsnya dhaif, berikut ini penjelasan hadits/dalil bacaan ruku dan sujud dengan tambahan WABIHAMDIHI:
حَدَّثَنَا اَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا اَللَّيْثُ يَعْنِى ابْنَ مَسْعُودٍ عَنْ أَيُّوبَ ابْنُ مُوسَى أوْ مُوسَى ابْنُ أَيُّوبَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ قَوْمِهِ عَنْ عُقْبَةَ ابْنُ عَامِرٍ بِمَعْنَاهُ. زَادَ قَالَ : فَكَانَ رسول اللّهِ إِذَا رَكَعَ قال : سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ ثَلاثًا، وَإِذَا سَجَدَ قَالَ : سُجُودِهِ؛ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْاعْلَى وَبِحَمْدِهِ ثَلاثًا – رواه ابوا داود، 1 : 201
Telah meriwayatkan pada kami Ahmad bin Yunus, telah menceritakan kepada kami Allaits yakni Sa’ad dari Ayyub bin Musa atau Musa bin Ayyub dari seorang laki-laki dari kaumnya dari Uqbah bin Amir (meriwayatkan hadits) yang semakna. Ia menambahkan, ia berkata: “Keadaan Rasulullah SAW, apabila ruku membaca; SUBHAANA RABBIYA ADHIIM WABIHAMDIHI, ia membaca 3x. Dan apabila sujud ia membaca; SUBHANA RABBIYA AL-A’LAA WABIHAMDIHI, ia membaca 3x”. (H.R. Abu Daud, 1: 201)
قَالَ اَبُوا دَاوُدَ : وَهَذِهِ الزِّيَادَةُ نَخَافُ أَنْ لآ تَكُونَ مَحْفُوضَةٌ. –رواه ابوا داود ، 1 : 201
Abu Daud berkata: “(Tentang) tambahan ini, kami khawatir (kedudukannya) tidak terpelihara (tidak shahih)”. (H.R. Abu Daud, 1:201)
وَ سُئِلَ أَحْمَدُ عَنْهَا فَقَالَ : أَمَّا أَنَا فَلاَ أَقُولُ وَ بِحَمْدِهِ – نيل الاوطار ، 2 : 274
Imam Ahmad ditanya tentang kedudukan tambahan tersebut, maka Imam Ahmad menjawab: “Adapun saya tidak membaca WABIHAMDIHI”. (Nailut Authar, 2: 274)
عَنْ حُذَيْفَةَ : أَنَّ النَّبِيَّ كَانَ يَقُولُ فِي رُكُوعِهِ : سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ ثَلاثًا، وَ فِى سُجُودِهِ : سُبْحَانَ رَبِّيَ الْاعْلَى وَبِحَمْدِهِ ثَلاثًا – رواه الدارقطنى، 1 : 341
Dari Khudaifah: “Sesungguhnya Nabi SAW dalam ruku’nya membaca; SUBHANA RABBIYA Al-ADHIIM WABIHAMDIHI, tiga kali, dan dalam sujudnya membaca; SUBHANA RABBIYA AL-A’LA WABIHAMDIHI, tiga kali”. (H.R. Daruquthni, 1: 341)
وً مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى ضَعِيفٌ – عون المعبود، 3 : 122
Dalam sanad (hadits di atas) ada orang yang bernama Muhammad bin Abdi al-Rahman bin Abi Laila. Ia dhaif!. (‘Aunu al-Ma’bud, 3: 122)
عَنْ عَبْدِ اللّهِ بْن الْمَسْعُودٍ قال : مِنَ السُّنَّةِ أَنْ يَقُولَ الرَّجُلُ فِى رُكُوعِهِ : سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ، وَ فِى سُجُودِهِ : سُبْحَانَ رَبِّيَ الْاعْلَى وَبِحَمْدِهِ – رواه الدارقطنى، 1 : 341
Dari Abdillah bin Mas’ud berkata: “(Termasuk) sunnah Nabi bila seorang dalam rukunya membaca, SUBHANA RABBIYA Al-ADHIIM WABIHAMDIHI. (H.R. Daruquthni, 1: 341)
وَ السِّرّ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ عَنْ الشُّعبى عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْهُ وَ السِّرِيُّ ضَعِيْفٌ – عون المعبود : 3 : 122
Padanya (hadits ini) ada yang bernama Sirri bin Ismail dari al-Sa’bi dari Masruq dan Sirri itu lemah. (Aunu al-Ma’bud, 3:122)
وَ قَدْ أَنْكَرَ هَذِهِ الزِّيَادَةَ ابْنُ الصَّلاَحِ وَ غَيْرُهُ – رواه الدارقطنى، 1 : 34
Sungguh telah mengingkari tambahan ini Ibnu Shalah dan yang lainnya. (Daruquthni, 1: 34)
KESIMPULAN:
وَعَنْ عُقْبَةَ ابْنِ عَامِرٍ قًالَ : لَمَّا نُزِلَتْ – فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيْمِ – قَال لَنَا رسول اللّهِ : اِجْعَلُوهَا فِى رُكُوعِكُمْ . فَلَمَّا نُزِلَتْ - سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْاَعْلَى – قَال : اِجْعَلُوهَا فِى سُجُودِكُمْ. – رواه احمد و ابوا داود ، نيل الاوطار 2: 274
Dari Uqbah bin Amir r.a. ia berkata: ketika turun ayat FASABBIH BISMI AR-RABBIKA Al-ADHIIM yang artinya: (Dan hendaklah kamu me-Maha Suci-kan nama Tuhanmu yang Maha Besar). Rasulullah bersabda kepada kami: “Jadikanlah kandungan ayat tersebut (sebagai bacaan) dalam ruku’mu”. Dan ketika turun ayat SABBIHI ISMA RABBIKA Al-A’LAA yang artinya: (Dan hendaklah kamu me-Maha Suci-kan Tuhanmu yang Maha Tinggi). Rasulullah bersabda kepada kami: “Jadikanlah kandungan dalam ayat tersebut sebagai bacaan dalam sujudmu”. (H.R. Imam Ahmad dan Abu Daud; Nailul Authar, 3 : 274)
عَنْ خُدَيْفَةَ قَال : صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ ، فَكَانَ فِى رُكُوعِهِ؛ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ ، وَفِي سُجُودِهِ؛ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْاعْلَى.
Dari Khudaifah r.a.ia berkata: “Aku shalat bersama Nabi SAW, ia dalam ruku’nya membaca SUBHANA RABBIYA Al-ADHIIM yang artinya: (Maha Suci Tuhanku yang Maha Besar). Dan dalam sujudnya membaca; SUBHANA RABBIYA AL-A’LAA, yang artinya: (Maha Suci Tuhanku yang Maha Tinggi).
وَمَا مَرَّتْ بِه آيَةُ رَحْمَةٍ إِلاَّ وَقَفَ عِنْدَهَا يَسْئلُ وَلاَ آيَةُ عَذَابٍ إِلاَّ تَعَوَّذَ مِنْهَا. – رواه الخمسة ، نيل الاوطار 3 : 273
Dan tidaklah sampai pada ayat rahmat, kecuali beliau berhenti disitu sambil memohon (doa), dan tidak pula sampai ayat adzab (yang menerangkan siksaan) kecuali beliau meminta perlindungan (kepada Allah) dari adzab itu”. (H.R. Imam yang 5, Nailul Authar, 1 : 273)
وَ عَنْ عَائِشَةَ رضي الله عنها قَالَتْ : كَانَ رسول اللّهِ يُكْثِرُ اَنْ يَقُولَ فِي رُكُوعِهِ وَ سُجُودِهِ : سُبْحَانَكَ اَللّهُمَّ رَبَّنَا وَ بِحَمْدِكَ اَللّهُمَّ اغْفِرْلِى ، يَتَأَوَّلُ الْقُرْآنَ . –رواه الجماعة
Dari Aisyah r.a. ia berkata: “Adalah Rasulullah SAW dalam ruku’ dan sujudnya sering membaca; SUBHANAKA..., yang artinya: (Maha Suci Engkau Ya Allah Tuhan kami, dengan memuji-Mu Ya Allah ampunilah aku). Itu adalah mengamalkan A-Quran”. (H.R. Jama’ah)
مَعْنَى يَتَأَوَّلُ الْقُرْآنَ، أَيْ يَعْمَلُ بِقَوْلِ اللّهِ تَعَالَى فَسَبِّحْ بِحَمْدِكَ وَاسْتَغْفِرْهُ – فقه السنة 1 : 29
Makna kata : YATA‘AWALU AL-QURAN, yaitu mengamalkan kandungan isi firman Allah SWT. FASABBIH BIHAMDIKA WA ASTAGFIRHU, artinya (Hendaklah engkau me-Maha Suci-kan dengan memuji Tuhanmu dan mintalah ampunan kepadaNya)”. (Fiqh as-Sunnah, 1 : 29)
وَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رسول اللّهِ كَانَ يَقُولُ فِى رُكُوعِهِ وَ سُجُودِهِ : سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلآئِكَةِ وَ الرُّوحِ - رواه مسلم، نيل الاوطار 2 : 275
Dari Aisyah r.a.: “Sesungguhnya Rasulullah SAW dalam ruku’ dan sujudnya membaca; SUBBUHUN QUDDUSUN RABBUL MALAIKATI WA AR-RUUH, yang artinya; (Dia Maha Suci Maha Bersih, Rabbnya Malaikat dan Malaikat Jibril)”. (H.R. Muslim; Nailul Authar, 2: 275)
KESIMPULAN:
Doa-doa atau bacaan ruku dan sujud tersebut di atas semuanya shahih, Intinya membaca yang mana saja boleh di amalkan.
DALIL/HADITS DHAIF TENTANG BACAAN RUKU’ DAN SUJUD
Masih ada dikalangan kita yang masih mengamalkan doa ruku dan sujud dengan memakai tambahan WABIHAMDIHI padahal haditsnya dhaif, berikut ini penjelasan hadits/dalil bacaan ruku dan sujud dengan tambahan WABIHAMDIHI:
حَدَّثَنَا اَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا اَللَّيْثُ يَعْنِى ابْنَ مَسْعُودٍ عَنْ أَيُّوبَ ابْنُ مُوسَى أوْ مُوسَى ابْنُ أَيُّوبَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ قَوْمِهِ عَنْ عُقْبَةَ ابْنُ عَامِرٍ بِمَعْنَاهُ. زَادَ قَالَ : فَكَانَ رسول اللّهِ إِذَا رَكَعَ قال : سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ ثَلاثًا، وَإِذَا سَجَدَ قَالَ : سُجُودِهِ؛ سُبْحَانَ رَبِّيَ الْاعْلَى وَبِحَمْدِهِ ثَلاثًا – رواه ابوا داود، 1 : 201
Telah meriwayatkan pada kami Ahmad bin Yunus, telah menceritakan kepada kami Allaits yakni Sa’ad dari Ayyub bin Musa atau Musa bin Ayyub dari seorang laki-laki dari kaumnya dari Uqbah bin Amir (meriwayatkan hadits) yang semakna. Ia menambahkan, ia berkata: “Keadaan Rasulullah SAW, apabila ruku membaca; SUBHAANA RABBIYA ADHIIM WABIHAMDIHI, ia membaca 3x. Dan apabila sujud ia membaca; SUBHANA RABBIYA AL-A’LAA WABIHAMDIHI, ia membaca 3x”. (H.R. Abu Daud, 1: 201)
قَالَ اَبُوا دَاوُدَ : وَهَذِهِ الزِّيَادَةُ نَخَافُ أَنْ لآ تَكُونَ مَحْفُوضَةٌ. –رواه ابوا داود ، 1 : 201
Abu Daud berkata: “(Tentang) tambahan ini, kami khawatir (kedudukannya) tidak terpelihara (tidak shahih)”. (H.R. Abu Daud, 1:201)
وَ سُئِلَ أَحْمَدُ عَنْهَا فَقَالَ : أَمَّا أَنَا فَلاَ أَقُولُ وَ بِحَمْدِهِ – نيل الاوطار ، 2 : 274
Imam Ahmad ditanya tentang kedudukan tambahan tersebut, maka Imam Ahmad menjawab: “Adapun saya tidak membaca WABIHAMDIHI”. (Nailut Authar, 2: 274)
عَنْ حُذَيْفَةَ : أَنَّ النَّبِيَّ كَانَ يَقُولُ فِي رُكُوعِهِ : سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ ثَلاثًا، وَ فِى سُجُودِهِ : سُبْحَانَ رَبِّيَ الْاعْلَى وَبِحَمْدِهِ ثَلاثًا – رواه الدارقطنى، 1 : 341
Dari Khudaifah: “Sesungguhnya Nabi SAW dalam ruku’nya membaca; SUBHANA RABBIYA Al-ADHIIM WABIHAMDIHI, tiga kali, dan dalam sujudnya membaca; SUBHANA RABBIYA AL-A’LA WABIHAMDIHI, tiga kali”. (H.R. Daruquthni, 1: 341)
وً مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِيْ لَيْلَى ضَعِيفٌ – عون المعبود، 3 : 122
Dalam sanad (hadits di atas) ada orang yang bernama Muhammad bin Abdi al-Rahman bin Abi Laila. Ia dhaif!. (‘Aunu al-Ma’bud, 3: 122)
عَنْ عَبْدِ اللّهِ بْن الْمَسْعُودٍ قال : مِنَ السُّنَّةِ أَنْ يَقُولَ الرَّجُلُ فِى رُكُوعِهِ : سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ، وَ فِى سُجُودِهِ : سُبْحَانَ رَبِّيَ الْاعْلَى وَبِحَمْدِهِ – رواه الدارقطنى، 1 : 341
Dari Abdillah bin Mas’ud berkata: “(Termasuk) sunnah Nabi bila seorang dalam rukunya membaca, SUBHANA RABBIYA Al-ADHIIM WABIHAMDIHI. (H.R. Daruquthni, 1: 341)
وَ السِّرّ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ عَنْ الشُّعبى عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْهُ وَ السِّرِيُّ ضَعِيْفٌ – عون المعبود : 3 : 122
Padanya (hadits ini) ada yang bernama Sirri bin Ismail dari al-Sa’bi dari Masruq dan Sirri itu lemah. (Aunu al-Ma’bud, 3:122)
وَ قَدْ أَنْكَرَ هَذِهِ الزِّيَادَةَ ابْنُ الصَّلاَحِ وَ غَيْرُهُ – رواه الدارقطنى، 1 : 34
Sungguh telah mengingkari tambahan ini Ibnu Shalah dan yang lainnya. (Daruquthni, 1: 34)
KESIMPULAN:
Hadits-hadits tersebut diatas semuanya dhaif, satupun tidak ada yang shahih. Oleh karena itu, tambahan WABIHAMDIHI, tidak dapat diamalkan.